Kamis, 25 Mei 2017

OTT Saber Pungli di Cianjur




CIANJUR – Lama diintai, akhirnya Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) mendapat tangkapan cukup besar.
Empat pelaku pungli yakni AR (37), ES (50), JA (32) dan N (38). Keempatnya ditangkap Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur yang tergabung dalam tim khusus Satgas Saber Pungli saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Kamis (4/5/2017) malam pukul 20.00 WIB di salah satu SMK Cianjur.
Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Benny Cahyadi dalam gelar perkara di Mapolres Cianjur, Jumat (5/5/2017) mengatakan, proses pemantauan dilakukan sejak awal Januari 2017. Pengintaian sempat mengalami kesulitan lantaran para pelaku memberlakukan sistem dan cara yang tersembunyi.
Keempatnya melakukan transaksi pada malam hari, pukul 19.00 WIB hingga tengah malam.
”Hasil investigasi yang kami dapatkan, uang ini hasil pungutan-pungutan ke sekolah-sekolah yang ada di Cianjur. Uang tersebut didistribusikan untuk operasional. Data awal yang kami terima, dana ini digunakan untuk kepentingan penyaluran dana, khususnya di bagian dinas pendidikan,” papar Benny kepada awak media.
Dari tangan keempat pelaku, diamankan barang bukti uang tunai Rp50.450.000, empat unit telepon genggam, bukti transaksi yang dilakukan, serta daftar rekapan sekolah-sekolah yang sudah menyetorkan sejumlah uang. Benny berjanji akan terus menelusuri kemana aliran uang hasil pungli tersebut. Pasalnya, kejahatan yang dilakukan kali ini bukan dilakukan secara perorangan, melainkan secara berkelompok dan sangat terorganisir.
”Sistem mereka melakukan pungutan per triwulan. Triwulan pertama Januari sampai Maret. Jadi hasil OTT ini masuk triwulan kedua. Ada beberapa yang masih kita lakukan pemeriksaan. Para pelaku dikenakan pasal 368 dengan ancaman kurungan diatas lima tahun,” tutup Benny. ***(agung/tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemkab Pangandaran Harus Segera Miliki SPBE

PANGANDARAN, KMI - Dengan adanya keterkaitan, mahalnya Gas Elpiji di kabupaten Pangandaran dan maraknya harga penjualan gas elpiji 3 k...