Minggu, 22 Maret 2015

Bahan Kimia Meledak, 2 Karyawan PT LPPPI Trauma



 Tanjab Barat, KMI - Tangki bahan kimia di pabrik bubur kertas PT. Lontar Papyrus Pulp and Papper Industry (LPPPI) di Kelurahan Tebing Tinggi, kab.Tanjab Barat, Jambi pada Selasa sore  (3/3) meledak. Suara ledakannya sangat keras.
Dikabarkan, ledakan tangki bahan kimia itu memakan tiga orang korban. Ketiganya mengalami sesak nafas, diduga akibat menghirup udara di sekitar ledakan tangki bahan kimia.
Menurut narasumber, iyan  (37 tahun), warga Kelurahan Tebing Tinggi, ledakan terjadi pada tangki paling besar, akibat penuhnya bahan kimia di dalam tangki. Isi tangki yang terlalu penuh membuat tangki tidak mampu menahan beban sehingga meledak.
Iyan menyebutkan, tangki yang meledak berisi bahan kimia cair (clorid). Selain suara yang sangat keras, ledakan juga mengeluarkan asap setinggi puluhan meter. Beruntung ledakan itu tidak menimbulkan percikan api.
“Suaranya seperti suara bom. Kuat sekali. Warga sekitar dan warga perumahan pabrik langsung panik saat mendengar ledakan tersebut. Warga menduga tangki yang meledak berisi bahan kimia berbahaya,” ujar warga Tebing Tinggi .
Sepengetahuan iyan tidak ada korban luka atau tewas akibat kejadian tersebut, tapi dua karyawan perusahaan mengalami sesak nafas. Keduanya langsung dilarikan ke klinik perusahaan.
Humas PT LPPPI, Hermawan, saat di hubungi KMI melalui telephon selulernya membenarkan adanya kejadian itu. Namun dia membantah ada tangki yang meledak. Suara ledakan terjadi akibat bahan kimia klorit terbakar, pungkasnya.
Hermawan juga belum mendapatkan informasi tentang penyebab ledakan tersebut, Kejadian ini masih diselidiki. Dia juga menegaskan tidak ada korban jiwa. Dua karyawan hanya mengalami trauma. *(Sofian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemkab Pangandaran Harus Segera Miliki SPBE

PANGANDARAN, KMI - Dengan adanya keterkaitan, mahalnya Gas Elpiji di kabupaten Pangandaran dan maraknya harga penjualan gas elpiji 3 k...