Minggu, 22 Maret 2015

Batu Bumi Raflesia Bengkulu Bernilai Jutaan Rupiah




Indonesia negeri nan kaya, tak hanya hasil lautnya yang melimpah dan tanahnya yang subur, ternyata di dalam tanahnya juga terdapat bebatuan yang bernilai jutaan rupiah. Kekayaan Indonesia yang satu ini juga terdapat di Bumi Raflesia Bengkulu, bahkan namanya tidak lagi bergemuruh di seantero Indonesia tetapi sudah merambah ke wilayah asia.
Keadaan ini tidak serta merta terjadi, demam batu mulai melanda Bengkulu setelah salah seorang pecinta batu asal Bengkulu mengikutsertakan batu cincin kesayangannya dalam sebuah kontes batu akik di Jakarta, dan berhasil memenangkan kontes dengan batunya yang diberi nama “Red Raflesia”, bahkan batu cincin kesayangannya ini sudah ditawar 200an juta rupiah.
Keberhasilannya dalam kontes itu, langsung menarik minat para kolektor untuk mendapatkan Batu Red Raflesia Bengkulu yang juga tergolong kedalam batu mulia. Para kolektor berbondong-bondong mencari Bongkahan batu Bumi Raflesia yang unik dan indah, tak tanggung-tanggung para kolektor ini siap menukarkan 1 bongkahan batu dengan uang 1 sampai dengan 5 juta rupiah dalam setiap kilogramnya.
Hal ini memberikan nuansa baru bagi kehidupan perekonomian masyarakat bengkulu, banyak dari mereka yang menggunakan moment ini untuk menjadi penambang, penjual batu, bahkan pengrajin batu cincin.
Wabah demam batu ini mengakibatkan hampir setiap masyarakat bengkulu menghiasi jarinya dengan batu cincin, dan wabah ini tidak hanya menyerang  pria dewasa saja, tetapi juga kaum hawa dan anak-anak. Sekarang satu buah batu cincin Red Raflesia, harus ditukar dengan uang jutaan rupiah tergantung dengan kadar dan keindahannya.
Bahkan di Bumi Raflesia ini sudah ada lelucon yang menyatakan perbedaan antara manusia dengan monyet. Jawabannya tidak lain adalah kalo manusia menggunakan cincin, kalo monyet tidak menggunakan cincin. Bagaimana dengan anda? (JA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemkab Pangandaran Harus Segera Miliki SPBE

PANGANDARAN, KMI - Dengan adanya keterkaitan, mahalnya Gas Elpiji di kabupaten Pangandaran dan maraknya harga penjualan gas elpiji 3 k...