Sebagai salah satu lembaga
kemanusiaan yang bergerak dalam bidang sosial selalu berupaya maksimal dalam
memberikan pertolongan, perawatan dan pelayanan kepada masyarakat sekitar
secara khusus dan masyarakat luas secara umum. Rumah Sakit Umum Mitra Anugrah
Lestari (MAL) yang beralamat di Jalan Cibaligo No. 76 Cimahi Jawa Barat memberi
pelayanan kepada para pasien dengan pola ‘Melayani dengan cinta dan perhatian
ngasihi Sesama’ sesuai dengan semboyannya With Love & Care.
Rumah
Sakit Berakreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini sesuai
dengan visinya menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu untuk
meningkatkan derajat kesehatan masyarakat umum, sesuai dengan predikatnya type
C dengan 70 % tempat tidur kelas III, dan 30 % tersebar antara Kelas I & II
dan VIP.
Berbagai
sarana dan prasarana sebagai penunjang fasilitas pelayanan di RS MAL
diantaranya pelayanan 24 Jam UGD, Ambulance, Farmasi, Radiologi, Laboratorium,
Operasi juga siaga dokter umum dari jam 08.00 s/d 20.00 WIB. Disamping itu 12
spesialisasi medis seperti : Bedah umum, bedah tulang, anak, penyakit dalam,
kandungan dan kebidanan, rehabilitasi medic, syaraf, mata, kulit dan kelamin,
THT, dan bedah mulut. Selain pelayanan ini, juga memaksimalkan pelayanan
fasilitas rawat inap seperti kelas VIP, Kelas I,II, dan III dan ruang HCU, NICU
dan PICU, ruang operasi (OK) ruangan bersalin.
Sarana
dan prasarana penunjang fasilitas ini merupakan optimalisasi pelayanan dalam
menunjang misi RS MAL dalam perjuangan untuk memberikan pelayanan kesehatan
secara paripurna, demi keselamatan jiwa dan raga masyarakat umum tanpa
membeda-bedakan suku, agama, ras dan golongan. Juga pelayanan kesehatan yang
baik dengan biaya yang terjangkau oleh pasien, serta tidak hanya mencari
keuntungan semata.
Rumah
Sakit bertaraf nasional ini ditangani tenaga-tenaga professional dibawah
kepemimpinan dr H. Zakaria Ansyori sebagai Direktur, dr Rosini T Kemala, Sp.RM
sebagai Manager Pelayanan Medis & Keperawatan, dan Nunung Jaenah, SE
sebagai Manager Penunjang Medis & Administrasi. Dibantu 198 orang tenaga
professional lainnya yang terdiri dari 19 orang dokter spesialis, 12 orang
dokter umum, 2 orang dokter gigi, 57 orang tenaga perawat yang keseluruhan
lulusan Akademi Keperawatan, 13 bidan dan tenaga lainnya 95 orang.
RS MAL
menjalankan operasional pelayanan kemanusiaan dibidang medis dibawah bimbingan
Yayasan Mitra Anugrah Lestari, dengan Pembina Yayasan : Hindarta Sanjaya, Jo
Gasyanto, Jo Anderson Wiharjo. Yayasan dipimpin Liong Yulius Suganda sebagai
Ketua, Racmat Santosa sebagai sekretaris, Himzar Sandi Agus sebagai Bendahara,
dan Erwin Handoko Sanjaya sebagai Pengawas.
Yayasan
Mitra Anugrah Lestari memberi arahan pelayanan kemanusiaan terhadap RS MAL
dengan prinsip ‘Melayani dengan cinta dan perhatian’ serta peningkatan
keunggulan dalam pelayanan yang didukung alat kesehatan yang siap pakai seperti
CPAP ( Continous Positive Airway Pressure), alat Bantu yang sering digunakan
pada bayi-bayi yang menderita RDS (Respiratory Distress Syndrome) memberikan
tekanan positif pada saluran napas.
Alat
kesehatan yang satu ini merupakan salah satu alat unggulan RS MAL, karena
disamping memberikan tekanan positif pada saluran napas, juga meningkatkan PaO2
(Tekanan Oksigen Artenal) dengan cara menstabilkan saluran nafas dan
meningkatkan rekuitment alveolan.
Penggunaan
CPAP secara semi dapat memperlambat atau mencegah tindakan intubasi
endotrakeal. Untuk meminimaliskan kerusakan paru akibat intubasi dan ventilasi
mekanik, CPAP juga digunakan sebagai terapi untuk mengobati HMD ( Hyalin
Membrane Disease ) pada bayi berat badan lahir sangat rendah (BBLRS) dan amat
sangat rendah (BBLASR).
Alat
kesehatan unggulan lainnya yang dimiliki RS MAL seperti USG 4 D (Dimensional,
Diagnostic, Dedication, Digital). Alat kesehatan ini merupakan unggulan yang
hingga saat ini belum dimiliki RS lainnya diwilayah Cimahi, sehingga RS MAL
sering mendapat rujukan pasien Bayi Kecil yang harus menggunakan CYPAP. RS MAL
berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat umum, namun akibat
keterbatasan alat kesehatan lainnya yang belum tersedia, sehingga RS ini tidak
segan-segan merujuk pasien ke RSHS jika dalam penanganannya memerlukan tenaga
dan peralatan yang jauh lebih canggih.
Pelayanan Administrasi dan Penunjang Medis
Sebagai
Rumah Sakit swasta penunjang program Pemerintah dibidang kesehatan masyarakat,
RS MAL menerapkan manajemen dalam system pembayaran terhadap pasien kontrakstor
di perusahaan rekanan yaitu dengan pembayaran satu kali dalam satu bulan,
tagihan diserahkan setiap awal bulan.
Sistem
pembayaran untuk pasien umum dilakukan dengan cash, dengan perhatian penuh
terhadap kondisi dan keadaan pasien yang tergolong Keluarga Miskin (Gakin)
dengan penerapan pemberian keringanan berupa pemberian discount dan pembayaran
cicilan. Hal ini jelas terlihat dari toleransi yang diberikan RS MAL yang
hingga kini pembayaran tagihan yang belum masuk mencapai Rp 127. 250. 486,oo,-.
Untuk
pembayaran obat dan penunjang medis (RO+Lab), selain menyediakan obat-obat
standar generic, generic berlogo maupun patent diberikan perhatian khusus
dengan mempermudah pihak pasien memperoleh obat yang dibutuhkan dan tidak
jarang jika pasien kesulitan dalam masalah obat, RS MAL membantu mencarikan
obat ke apotek diluar lokasi Rumah Sakit dengan system pembayaran dibelakang
atau pada saat pasien meninggalkan Rumah Sakit. Selain pelayanan obat ini, juga
biaya pemeriksaan dan pembayaran laboratorium serta radiology, perhatian khusus
seperti ini juga diberlakukan.
Pengabdian RS MAL di Masyarakat
Dalam
peran serta mendukung program pemerintah dibidang kesehatan masyarakat (kesmas)
RS MAL mengadakan berbagai kegiatan diluar Rumah Sakit seperti kerja sama
dengan PMI Kota Bandung dalam kegiatan Donor Darah, Kegiatan Khitanan Massal,
Pengobatan Gratis di lingkungan warga, dan pengabdian lainnya. * (Hans
Nainggolan/KMI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar