Jumat, 07 April 2017

Hari ini Harus Baik dari Hari Kemarin




GARUT, KMI – Moto “Hari ini Harus Baik dari Hari Kamarin” merupakan moto yang selalu diaplikasikan oleh Engkus Kusmana dalam mengisi hari-harinya. Apalagi pada saat ini, ia menjadi kepala desa yang definitif periode 2015-2021 Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabuapaten Garut, Jawabarat,  maka moto itu selalu diterapkan sebagai penopang, seperti dalam melaksanakan programasi kegiatan pembangunan supaya ada perubahan ke arah perbaikan.  
 Engkus Kusmana merupakan sosok kades yang benar-benar membuka dirinya terhadap kritik dan saran. Hal itu demi mendapatkan peningkatan yang bermakna dalam segala hal. Menurut Engkus, kritik dan saran itu agar tercapai sebagai mana target dari moto “Hari ini Harus Baik dari Hari Kamarin”.
“Demi meraih ‘Hari ini Harus Baik dari Hari Kamarin’ maka kepada seluruh warga Desa Sukamenak, saya harapkan, ketika ada pembangunan, tak cukup hanya sebatas menonoton. Namun harus berpartisipatif mengawasi pemerintahan desa sewaktu menerapkan anggaran dari pemerintah untuk kegiatan pembangunan infrastrukur supaya hasil pembangunannya berkualitas,”ujarnya. 
Menurut Engkus, moto “Hari ini Harus Baik dari Hari Kamarin” mengapa ada kaitanya dengan kegiatan pembangunan, seperti pembangunan insfrastruktur? Logikanya, pembangunan infrastruktur berupa jalan itu harus kokoh. Jangan sampai, baru beberapa bulan jalan itu sudah ambrol. Berarti jalan itu bukan lebih baik, melainkan kebalikannya. Jadi tidak akan serasi dengan moto tersebut.
“Makanya, tatkala seseorang ingin sukses dalam hal apapun, harus disertai dengan tindakan, bagaimana caranya berupaya untuk mencapai ‘Hari ini Harus Baik dari Hari Kamarin’. Tentunya kita harus melakukan tindakan yang nyata. Apabila hal itu tidak dilakukannya, dengan sendirinya akan muncul kata ‘percuma’ bagaikan mimpi di siang bolong yang tidak akan pernah tercapai,” ujarnya.
Sesungguhnya, ungkap Engkus, inti dari moto ‘Hari ini Harus Baik dari Hari Kamarin’  identik dengan makna dari ‘pembangunan’ yakni perubahan ke arah perbaikan. Untuk itu  kita harus berupaya bagaimana agar melakukan sesuatu menjadi baik.
Tentunya, pungkas Engkus, jika ‘Hari ini Harus Baik dari Hari Kamarin’ kita harus berpegang kepada QS. Al-‘Ashr: 1-3 yang berbunyi : “Demi masa. Sesungguhnya manusia benar benar berada dalam kerugian. Kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasehati supaya menaati kebenaran dan saling menasehati supaya menetapi kesabaran...” *(Darma/KMI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemkab Pangandaran Harus Segera Miliki SPBE

PANGANDARAN, KMI - Dengan adanya keterkaitan, mahalnya Gas Elpiji di kabupaten Pangandaran dan maraknya harga penjualan gas elpiji 3 k...