Minggu, 19 Mei 2013

Kapolda Jabar Berikan Apresiasi Kepada Bidang Humas Polda Jabar



Bandung, KMI - Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Tb Anis Angkawijaya, M.Si. bertempat di Aula Muryono Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung, Rabu (15/5), membuka secara resmi Rapat Kerja Teknis Bidang Humas Polda Jabar Tahun Anggaran 2013. Peserta Rakernis tersebut terdiri dari anggota Bidang Humas Polda Jabar, para Kasubbag Humas Polres/Polrestabes, Kasi Humas Polsek serta Pejabat PID masing-masing Satker Mapolda Jabar, dengan jumlah peserta sekitar 210 orang.
Maksud diselenggarakannya Rakernis ini yaitu, memberikan infromasi/gambaran sekaligus arahan mengenai hal-hal yang seharusnya dilaksanakan Fungsi Kehumasan di lingkungan Polri. Sementara tujuan yang diharapkan dengan dilaksanakannya Rakernis Bidang Humas ini, yaitu Fungsi Kehumasan Polri menjadi Leading Sector dalam publikasi terhadap kebijakan-kebijakan pimpinan Polri, keberhasilan kinerja yang telah dicapai Polri serta kerjasama dengan media massa dalam pemberitaan yang berorientasi fakta/kejadian sebenarnya. Disamping itu, diharapkan juga dapat terwujudnya SDM kehumasan Polri yang profesional dalam pengelolaan dan pelayanan informasi publik kepada masyarakat.
Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Tb Anis Angkawijaya, M.Si. dalam sambutannya pada pembukaan Rakernis Bidang Humas tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh pengemban Fungsi Humas jajaran Polda Jabar atas kinerja dan dedikasinya, melalui penyediaan informasi, ekspose capaian keberhasilan, serta sosialisasi program dan kebijakan Polda Jabar, sehingga citra Polda Jabar semakin baik di masyarakat. Apresiasi juga disampaikan Kapolda Jabar kepada Bidang Humas Polda Jabar, atas prestasinya sebagai Kategori Terbaik 2 se-jajaran Polri, atas keaktifannya dalam mengisi konten berita serta klasifikasi informasi berdasarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik di website www.humas.polri.go.id periode tahun 2012.  Selanjutnya Kapolda Jabar menyampaikan, bahwa pelaksanaan tugas Polri kedepan tidaklah semakin ringan, karena disamping masih dihadapkan dengan berbagai gangguan kamtibmas, baik yang bersifat konvensional, maupun kejahatan yang berintensitas tinggi, seperti potensi konflik komunal dan ancaman terorisme juga dihadapkan dengan pengamanan Pemilu 2014.
Menyikapi hal tersebut, tegasnya, maka Polri dituntut untuk mampu mendayagunakan seluruh potensi yang dimiliki, sehingga dapat mengantisipasi berbagai potensi kerawanan, agar tidak berkembang luas dan mengganggu kondusifitas wilayah hukum polda jabar yang telah terpelihara dengan baik. Salah satu bagian yang harus didayagunakan adalah peran Humas Polri, dalam memberikan pengertian, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan dukungan publik terhadap berbagai hal yang disampaikan oleh Polda Jabar, sehingga masyarakat bergerak dan turut serta membantu tugas Polri dalam memelihara kamtibmas, menegakkan hukum, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Disamping itu, sejalan dengan Grand Strategi Polri ke-dua dalam membangun kemitraan, serta program Polda Jabar yakni Polisi Sahabat Rakyat, maka jajaran Humas diharapkan dapat membina kerjasama yang sinergis dan proaktif dengan seluruh media dan stake holder lainnya, sehingga informasi dan pemberitaan yang disampaikan oleh media, dapat diterima publik secara utuh, konstruktif dan edukatif, serta tidak provokatif dan mengabaikan nilai-nilai kebenaran. Kita berharap, upaya kerjasama dan keterpaduan tersebut, akan menghasilkan sistem dan pola pemberitaan yang berimbang, antara fakta dengan apa yang disajikan, sehingga pada akhirnya masyarakat dapat menerima informasi yang sarat dengan nilai kebenaran, bersifat mendidik, serta jauh dari rasa permusuhan dan perpecahan.
Oleh karenanya, Kapolda pada kesempatan tersebut menilai tepat tema Rakernis Humas ini, yakni: “Meningkatkan Profesionalisme Kehumasan Polri Untuk Mendukung Program Polisi Sahabat Rakyat”, sehingga diharapkan dapat memotivasi para pengemban fungsi kehumasan, melalui peningkatan kapasitas personelnya, untuk mampu merealisasikan sinergitas polisionil dengan jajaran media, serta dapat menunjukkan perannya secara optimal sebagai Public Relation yang handal, dalam mensukseskan Program Polisi Sahabat Rakyat.
Sementara itu, bertindak selaku pemapar pada Rakernis Bidang Humas tersebut yaitu ; Prof DR Ati Rahmawati, M.Si., Wakil Direktur Pasca Sarjana Unisba, yang memaparkan materi tentang “Peran Humas Polri Dalam Membangun Citra Positif Lembaga Melalui Informasi Publik.” Muradi, M.Si.,M.Sc.,Ph.D, Dosen tetap Ilmu Pemerintahan Fisip Unpad Bandung dengan paparan yang berjudul “Mengelola Citra Polri”.  Pemapar selanjutnya Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Drs Martinus Sitompul, M.Si., Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jabar AKBP Budi Susarwo, SIK., serta Kasubbid PID Bid Humas Polda Jabar AKBP A. Rusman, SH.,MH. * (HaN)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemkab Pangandaran Harus Segera Miliki SPBE

PANGANDARAN, KMI - Dengan adanya keterkaitan, mahalnya Gas Elpiji di kabupaten Pangandaran dan maraknya harga penjualan gas elpiji 3 k...