Sabtu, 11 Mei 2013

Pemerintah Butuh 160 Ribu PNS Baru



Jakarta, KMI - Untuk rekrutmen CPNS itu, akan diadakan tes dalam dua gelombang, yakni pada Juli dan September 2013 nanti. Kepala Biro Hukum dan Humas (Karo Hukmas) Kemen PAN-RB M. Imanuddin mengatakan, tes CPNS baru yang diadakan Juli adalah untuk formasi tenaga honorer Kategori II (K2).
"Jumlahnya pastinya saya tidak hafal. Tetapi sekitar seratus ribu kursi," katanya, Kamis (9/5). Tes CPNS baru ini dijalankan dengan seleksi tulis tetapi pesertanya khusus tenaga honorer kategori II.
Imanuddin menambahkan, data tenaga honorer K2 yang berhak mengikuti tes CPNS baru Juli depan saat ini masih masuk tahap uji publik. Selanjutnya, nama-nama itu akan masuk daftar definitif dan berhak ikut tes CPNS.
"Jika lolos berhak menjadi CPNS baru. Jika tidak, bisa ikut tes lagi pada tes CPNS untuk pelamar umum," katanya.
Dijelaskannya pula, tes CPNS baru pada September nanti dikhususkan untuk pelamar umum. "Kuota untuk tes CPNS pelamar umum itu 60 ribu kursi," sebutnya.
Imanuddin mengatakan, kuota itu masih belum dibagi-bagi ke seluruh instansi pusat maupun daerah. Tapi, lanjutnya, alokasi utamanya adalah untuk instansi pusat yang mendapatkan jatah 20 ribu kursi. Sedangkan instansi daerah menerima jatah 40 ribu kursi CPNS baru.
Imanuddin menjelaskan, penetapan 60 ribu kursi CPNS baru dari pelamar umum itu murni ditetapkan Kemen PAN-RB. "Dasarnya adalah menghitung dari jumlah PNS yang pensiun tahun ini. Kami menerapkan zero growth," tandasnya. Maksudnya, jumlah CPNS baru yang diterima sama dengan PNS yang pensiun.
Tetapi Imanudin menegaskan, zero growth itu tetap berlaku proporsional. "Belum tentu ada instansi yang jumlah PNS pensiunnya 50 orang, lalu dapat alokasi CPNS baru 50 orang," katanya. *(HaN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemkab Pangandaran Harus Segera Miliki SPBE

PANGANDARAN, KMI - Dengan adanya keterkaitan, mahalnya Gas Elpiji di kabupaten Pangandaran dan maraknya harga penjualan gas elpiji 3 k...