Sabtu, 04 Mei 2013

Lomba BPK Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2013, Badan Penyuluh Pertanian Ulakan Tapakis Wakili Padang Pariaman



Kab.Padang Pariaman, KMI - Badan Penyuluhan Pertanian Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman mendapat kesempatan mewakili Kabupaten Padang Pariaman pada lomba PBK ditingkat Provinsi Sumbar Tahun 2013, demikian Ernawati, SP Koordinator Badan Penyeluruh Pertanian Kecamatan Ulakan Tapakis kepada Modus Investigasi di kantornya belum lama ini.
Dikatakan oleh Ernawati, BPK Ulakan Tapakis ini membawahi  dua Kenagarian yaitu Ulakan Dan Nagari Tapakis. Jumlah Kelompok Tani yang dibina lebih kurang 74 kelompok tani.
Menurutnya, tugas dan fungsi Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan ini adalah Menyusun Program Penyuluh Pertanian Pada Tingkat Kecamatan, Melaksanakan Penyuluhan Berdasarkan Program Penyuluh, Menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi sarana Produksi Pembiayaan dan pasar, Memfasilitasi pengembangan Kelembagaan dan kemintraan pelaku utama dan pelaku usaha Pertanian, Memfasilitasi peningkatan Kapasitas Penyuluh PNS, Penyuluh THL,Penyuluh Swadaya, dan Penyuluh Swasta melalui proses pembelajaran secara berkelanjutan, dan Melaksanakan Proses pembelajaran melalui percontohan dan pengembangan modal usaha tani bagi pelaku utama dan pelaku usaha tani
Dalam hal ini kelembagaan penyuluh pertanian tidak bisa digabungkan dengan dinas pertanian dan berdiri sendiri sesuai dengan UU SP3K No: 16 Tahun 2006
Untuk Penyuluh  dilapangan sebagaimana yang dilaksanakan oleh H. Kusnali, AMd yang membawahi Wilayah kerja Nagari Ulakan dengan 28 Kelompok Tani dan 2 KWT. Bagi kelompok tani yang belum bergabung diharapkan dapat bergabung dalan  gabungan kelompok Tani (GAPOKTAN).
Sarana produksi pupuk  serta kios pengecer pupuk cukup, dan pengadaan pupuk kompos juga dilakukan, Peningkatan produksi padi dilakukan dengan sistem Ubinan 6,5 ton / 7 ton PTS dengan penerapan teknologi demplot perkelompok.
Fasilitas modal usaha dari Pemerintah / Dinas Pertanian memberi bantuan melalui GAPOKTAN dengan pembinaan secara kontinyu.Bantuan diharapkan dapat berkembang ditingkat GAPOKTAN demi kesejahteraan anggota . Dalam kesempatan ini H.Kusnali, AMd sebagai Penyuluh yang didampingi oleh Amrizal, SP (Supervisi ) mengharapkan agar para petani betul-betul Badan penyuluh Pertanian ini dapat dimanfaatkan demi meningkatkan pendapatan para petani. Maka yang paling menentukan maju mundurnya para petani ini ada pada pengurus dan anggota kelompok tani itu sendiri.
Dengan keberhasilan Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan Ulakan Tapakis sangat dirasakan oleh kelompok tani Munggu Pisang yang dengan jumlah anggota 25 orang yang diketuai oleh Syafar dengan Sekretaris Hj Tini serta Bendahara Amir.  Dengan adanya BPK Ulakan Tapakis juga sangat dirasakan manfaatnya bagi kelompok-kelompok tani yang ada di Ulakan Tapakis jelas Abu Syofyan, SH Sebagai ketua kelompok tani Bintang Timur Nagari Ulakan * ( Khaidir ).

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    BalasHapus

Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemkab Pangandaran Harus Segera Miliki SPBE

PANGANDARAN, KMI - Dengan adanya keterkaitan, mahalnya Gas Elpiji di kabupaten Pangandaran dan maraknya harga penjualan gas elpiji 3 k...