Sabtu, 04 Mei 2013

Sekretaris Disdik Tapanuli Selatan Tidak Professional ?



Tapanuli Selatan, KMI – Sikap Sekretaris Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan, Monalisa yang sangat tertup kepada mass media menimbulkan tanda tanya. Jawaban yang selalu dan tendensius dengan kata ‘saya tidak tau’ dari  pejabat daerah di institusi pendidikan ini mengundang berbagai tafsir, apakah memang benar-benar tidak tahu atau tidak mau tahu  karena ketidak profesionalannya.
Modus Investigasi yang beberapa kali menemui Monalisa sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Tapanuli Selatan untuk mengkonfirmasikan alokasi anggaran Tahun 2013 yang diduga tidak transparan, namun dengan gaya acuh selalu menjawab dengan satu kata ‘ saya tidak tahu’.
Tidak jelas apakah sekdisdik Tapanuli Selatan ini dalam menjalankan tugasnya di instusi pendidikan mengetahui UU No. 14 tentang keterbukaan informasi publik, atau sebaliknya tidak melalui fit and forever test sebagai pejabat daerah, pasalnya sikapnya yang terksan alergi dengan keberadaan wartawan sangat tidak sesuai dengan porsinya sebagai Sekdisdik Tapanuli Selatan.
Sikap acuh dan jawaban ‘saya tidak tahu’ dari Monalisa menunjukkan bagaimana tidak pahamnya terhadap keberadaan wartawan yang menjalankan tugasnya sebagai kontrol sosial, juga secara informatif menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat.
Bila Monalisa sebagai sekretaris Dinas Pendidikan tidak mengetahui alokasi anggaran, sebagai sekdisdik semestinya mengarahkan dan memfasilitasi wartawan menemui pihak-pihak yang menangani alokasi anggaran ini.
Seperti apa sikap dan karakter pejabat daerah seperti yang ditunjukkan Monalisa ini, diharapkan mendapat perhatian dari pihak yang berkompeten, sementara Kepala Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan yang beberapa kali di upayakan ditemui untuk mengkonfirmasikan barbagai hal yang menyangkut transparansi dan sikap Sekdisdik ini, hingga berita ini diturunkan tidak pernah berhasil ditemui di kantornya. * ( Rihat Simangunsong)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Pemkab Pangandaran Harus Segera Miliki SPBE

PANGANDARAN, KMI - Dengan adanya keterkaitan, mahalnya Gas Elpiji di kabupaten Pangandaran dan maraknya harga penjualan gas elpiji 3 k...